Jumat, 28 Januari 2011

Gas Elpiji Terbukti Ramah Lingkungan

konversi minyak tanah ke gas elpiji tidak akan merusak lingkungan, karena dari segi gas buang sangat ramah lingkungan. "Pembakarannya sempurna dan relatif lebih cepat, sehingga ramah lingkungan.

Menurutnya, proses pembakaran minyak tanah menghasilkan asap, dan berbau, sedangkan elpiji tidak menghasilkan asap dan tidak berbau. "Jadi tidak salah, jika kita katakana elpiji ramah lingkungan.

Namun demikian,pemer,perlu untuk menyadarkan masyarakat Indonesia untuk menggunakan elpiji.pemerintah harus bisa menjamin produk-produk elpiji aman bagi kehidupan masyarakat.

"Juga harus ada jaminan pasokan dan distribusinya berjalan baik, serta harga terjangkau bagi masyarakat," jelasnya. "Sosialisasi perlu ditingkatkan agar program ini maksimaldan dinyatakan berhasil,". dalam menyelamatkan lingkungan.                                                                                                                                                                                                                                                                                        Indonesia termasuk dalam konvensi perubahan iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mendukung sepenuhnya energi ramah lingkungan. Oleh karena itu,pemerintah harus tetap menjaga komitmennya untuk mendorong konversi minyak tanah ke elpiji. "Karena elpiji lebih bersih disbanding minyak tanah,".

menambahkan, penggunaan elpiji juga dapat meningkatkan efisiensi penggunaan energi, karena nilai kalor elpiji lebih tinggi jika dibandingkan dengan minyak tanah. Seperti diketahui, elpiji merupakan gas hidrokarbon produksi rai kilang minyak dan kilas gas dengan komponen utama gas propane dan butane.

Pada tekanan atmosfer, elpiji berbentuk gas. Tetapi untuk kemudahan distribusinya, elpiji diubah fasnya menjadi cair dengan memberi tekanan. Dalam bentuk cair, elpiji mudah didistribusikan dalam tabung ataupun tangki.

1 komentar: